Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Di Kota Pahlawan ini banyak terdapat tempat wisata kuliner yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Beberapa di antaranya seperti G-Walk, Mie Pecun, Nasi Bebek ‘Sayang Anak’ Cak Yudi dan Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Berikut ini adalah ulasan tentang tempat –tempat kuliner khas Surabaya tersebut:

G-Walk

Tempat wisata kuliner yang memiliki ‘The Singapore of Surabaya’ ini merupakan tempat favoritnya anak-anak Surabaya untuk berburu makanan. G-Walk yang berkonsep food court ini ternyata memang dibangun menyerupai Clarke Quay, pusat hiburan dan kuliner di Singapura.

G-Walk memiliki dua jalur yang masing-masing memiliki panjang 1 km.  Satu jalur disetting dengan lampu yang agak remang dan menyajikan kuliner ala barat, sedangkan jalur yang lain lebih terang dan menyajikan kuliner nusantara.

Mie Pecun

Jangan mengaku pecinta kuliner pedas jika Anda belum berkunjung dan makan di warung mie pecun yang berada di Jalan Anjasmoro ini. Pecun sendiri ternyata merupakan singkatan dari ‘pedas bukan racun’. Tingkat kepedasannya mulai dari culun yaitu tidak pedas sama sekali, semriwing yaitu pedas sedang, galau yaitu pedas biasa dan klimaks yaitu super pedas. Berminat mencoba?

Nasi Bebek ‘Sayang Anak’ Cak Yudi

Tempat wisata kuliner yang berlokasi di kawasan Tanjung Perak ini telah berdiri sejak tahun 1982 lho. Tempat makan ini dapat menyajikan daging bebek yang gurih, empuk dan tidak berbau amis. Selain itu, ciri khas lain dari tempat makan ini adalah sambel pencit atau sambel manga muda.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rujak cingur merupakan kuliner khas Surabaya dan patut Anda coba. Menu ini berbahan cingur atau hidung sapi yang dicampur dengan bahan lain seperti sayur, tahu temped an disiram dengan saus kacang khusus yang nikmat. Sebenarnya banyak terdapat warung rujak cingur di Surabaya, hanya saja rasanya tidak senikmat dan selezat Rujak Cingur di tempat makan ini, karena di sini cingur diolah dengan teknis khusus sehingga lebih  empuk.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap juga merupakan kuliner khas ala Surabaya, dan menu lontong balap yang terkenal adalah disajikan di Lontong Balap Pak gendut ini. Tempat wisata kuliner ini telah didirikan sejak tahun 1956 dan kini telah dikelola ileh generasi ketiga, namun rasanya tetap sama sejak dulu hingga sekarang. Menu ini terdiri dari lontong, tauge, lento, kuah dan bumbu petis yang menghasilakn perpaduan  yang nikmat.

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Jika Anda ingin mencicipi sate yang tidak biasa, tempat makan ini jawabannya. Hal yang membuat unik makanan di sini adalah parutan kelapa yang dibalurkan pada sate saat dibakar. Terdapat beberapa varian menu seperti sate daging ayam, sapi, udang, jeroan dan sumsum. Anda bisa meluncur ke Jalan Walikota Mustajab 36 Surabaya jika ingin merasakan uniknya kuliner satu ini.

Zangrandi Ice Cream

Di Kota Pahlawan yang panas, mungkin Anda ingin mencari yang segar-segar. Nah, Zangrandi Ice Cream inilah solusinya. Kedai ini menawarkan menu ice cream yang unik, menu popolernya adalah noodle ice cream atau es krim yang berbentuk mie yang diberi topping kacang, saus cokelat dan cherry. Kedai ice cream yang telah berdiri sejak 1933 dan sangat kental akan nuansa Eropanya ini merupakan pelopor es krim di Surabaya. Anda bisa menemukan tempat ini di Jalan Yos Sudarso Surabaya.

(fokusjabar.com)

Share this post

Post Comment