Pemerintah Akan Tetapkan 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional

Pemerintah Akan Tetapkan 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional

Pemerintah saat ini sedang menyiapkan rancangan peraturan presiden tentang penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Setelah itu, pemerintah juga akan menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, sampai saat ini rancangan perpres yang mengatur hal tersebut masih dalam tahap finalisasi. Apabila draft sudah selesai maka presiden akan segera menandatanganinya.

“Presiden Jokowi tak hanya menginginkan Pancasila dikenang dan diperingati atau hanya dilestarikan,” ujar Pramono dilansir Kompas pada Rabu (25/4). “Tetapi juga benar-benar menjadi realitas dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia di berbagai aspek kehidupan.”

Pramono juga menyebut nilai Pancasila yang digagas oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno harus terus diperjuangkan. Nantinya, Pancasila diharapkan benar-benar diterapkan oleh seluruh warga Indonesia.

“Tanpa perjuangan, pesan dalam Pancasila tak akan menjelma jadi realitas,” imbuh Pramono. “Presiden Jokowi mengajak rakyat bersatu padu dan bergotong royong mewujudkan cita-cita itu.”

Rancangan perpres tentang penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sudah dibuat cukup lama. Bahkan rancangan ini juga sudah dibahas berkali-kali di tingkat eselon I kementerian hingga tingkat menteri. Sekitar dua bulan yang lalu, rancangan ini pun ikut dibahas di Sekretariat Negara dan Sekretaris Kabinet.

Sebagai informasi, sampai saat ini tanggal 1 Juni belum ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Lahir Pancasila dan juga hari libur nasional. Bahkan pada awal masa Order Baru, orang-orang malah dilarang untuk memperingati 1 Juni.

(wowkeren.com)

Share this post

Post Comment