Menelusuri Objek Wisata Alam Sumatera Selatan

Menelusuri Objek Wisata Alam Sumatera Selatan

Objek wisata di Sumatera Selatan bukan hanya jembatan Ampera, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Sungai Musi. Masih banyak objek wisata lain yang layak kunjung. Ada Gunung Dempo, air terjun Lematang Indah, hutan wisata Punti Kayu, dan Bukit Seguntang yang wajib masuk dalam daftar tempat wisata di Sumatera Selatan.

Gunung Dempo

Gunung Dempo terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu, tepatnya di kota Pagaralam. Gunung dengan ketinggian 3159 mdpl ini biasa dijadikan tempat untuk bermain olahraga udara seperti paralayang.

Untuk mencapai puncak utama Gunung Dempo, Anda harus melewati lereng dengan kemiringan sekitar 40 derajat yang terdiri dari kerikil dan batu-batu. Puncak utama Dempo merupakan kawah gunung berapi yang masih bergejolak dengan diameter sekitar seratus meter.

Selain gunung, hamparan kebun teh di kaki gunung jadi pemandangan menakjubkan di kawasan Gunung Dempo. Di sana, Anda dapat melihat petani yang sedang bercocok tanam dan warga sekitar yang naik ke puncak untuk mengambil kayu.

Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu merupakan hutan seluas 39,9 hektare yang terletak di tengah kota, tepatnya di Jalan Kol.H.Burlian, Sukarami, Palembang. Punti Kayu berfungsi sebagai tempat konservasi, tempat wisata dan rekreasi, tempat penelitian dan pendidikan, hingga tempat penunjang kegiatan budaya.

Bagi yang memiliki ketertarikan pada flora dan fauna, bisa mengunjungi hutan wisata ini karena memiliki kekayaan flora dan fauna yang beragam. Anda dapat menemukan tanaman pinus, akasia, mahoni, talog, dan pulai, serta fauna seperti kera ekor panjang, beruk, tupai, biawak, musang, bahkan serangga langka yang belum dinamakan secara ilmiah.

Air Terjun Lematang Indah

Masih di kawasan Pagar Alam, ada objek wisata selain gunung, yaitu Air Terjun Lematang Indah. Air terjun dengan ketinggian 40 meter ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki menuruni anak tangga sampai menemukan aliran sungai yang jernih dan berhiaskan bebatuan besar.

Di sana, pengunjung dapat menikmati udara bersih dan sejuk, pemandangan pepohonan rimbun di sekeliling air terjun, dan tentunya air sungai yang bersih untuk berenang atau bermain air.

Selain Lematang Indah, masih ada air terjun lain yang layak dijelajahi di kawasan Pagar Alam, misalnya air terjun embun, pancur, tujuh kenangan, mangkok, dan air terjun merak.

Bukit Seguntang

Bukit Seguntang di Palembang merupakan tempat yang dianggap suci sejak abad 14-17. Di bukit ini, wisatawan dapat menemukan makam keturunan Kerajaan Sriwijaya, seperti Segentar Alam, Puteri Kembang Dadar, Puteri Kembang Selako, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus karang, Panglima Tuan Junjungan, Pangeran Raja Batu Api, dan Panglima Jago Lawang.

Di bagian tengah bukit, Anda dapat menemukan menara pandang untuk melihat pemandangan sekitar bukit. Ada juga relief-relief yang menceritakan seorang pendeta yang sedang belajar agama Buddha, prasasti pendirian Kerajaan Sriwijaya, dan suasana yang menggambarkan kemakmuran pada masa Kerajaan Sriwijaya.

(beritagar.id)

Share this post

Post Comment