Maher Zein dan Opick Artis Terpopuler di Google Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan identik dengan penampilan ataupun penayangan hiburan-hiburan berbau religius. Maka tak salah jika dua artis Muslim ternama yakni Maher Zein dan Opick menjadi artis terpopuler dan videonya paling banyak ditelususir melalui mesin pencari Google saat Ramadhan tiba.

Country Industry Head Google Indonesia, Hengki Prihatna mengatakan selain dua artis tersebut, penggunaan mesin pencari Google terkait konten-konten hiburan di Youtube, pada Ramadhan 2015 tahun lalu, mendudukkan program Preman Pensiun di salah satu stasiun tv swasta, menjadi program terpopuler selama Ramadhan 2015.

Selain itu, Google Indoensia juga merilis titik puncak konsumtif masyarakat Indonesia selama Ramadhan. Hal itu didapatkan lewat riset penelusuran selama Ramadhan 2015.

Hengki mengatakan penggunaan Google untuk berbelanja, mengalami peningkatan tinggi menjelang Ramadhan dan Lebaran. Ia berpendapat, peningkatan itu berjalan beriringan dengan meningkatnya penggunaan internet secara mobile, yang mencapai 81 persen.

“Jadi sepekan menjelang Ramadhan meningkat, turun, lalu tinggi lagi sepekan menjelang Lebaran,” kata Hengky, Kamis (19/5).

Ia menilai, setidaknya sejumlah alasan yang menyebabkan fluktuasi sisi penelusuran bersifat konsumtif, seperti turunnya Tunjangan Hari Raya (THR), potongan harga dan kebutuhan gaya. Selain itu, kebutuhan seseorang untuk bergaya di hari-hari istimewa, terutama sepekan sebelum Ramadhan dan Lebaran.

Hengky menuturkan di aspek belanja, penelusuran terhadap pakaian meningkat sebanyak 29 persen, travel 30 persen, telepon pintar 17 persen, paket data 19 persen dan elektronik 24 persen. Angka itu didukung dengan meningkatnya penelusuran akan hiburan, dengan peningkatan menonton video secara seluler sebanyak 13 persen.

(republika.co.id)

Share this post

Post Comment