Kampus ITB di Cirebon Dibangun Pertengahan 2016

BANDUNG- Pembangunan kampus Institut Teknologi Bandung di Cirebon akan mulai dilaksanakan pertengahan 2016. Untuk tahap awal, ITB membuka tiga program studi di kampusnya di Cirebon.

Rektor ITB Kadarsah Suryadi mengatakan, desain pembangunan kampus di Cirebon sedang disiapkan dan direncanakan kampus mulai dibangun pertengahan 2016. Kampus ITB di Cirebon akan dibangun di dua lokasi, yakni di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyediakan lahan seluas 18 hektare untuk pembangunan kampus di Kota Cirebon. Sementara lahan untuk pembangunan kampus di Kabupaten Cirebon disediakan Pemerintah Kabupaten Cirebon seluas 30 hektare. Adapun, biaya pembangunan kampus akan disokong oleh Pemprov Jabar dan Dikti.

Pada tahap awal, ITB menyediakan tiga program studi di kampusnya di Cirebon, yaitu Kriya, Teknik Industri dan Perencanaan Wilayah dan Kota. “Kriya karena Cirebon punya batik yang menjadi khasnya. Sementara prodi Perencanaan Wilayah dan Kota karena ke depan Cirebon akan berkembang,” kata Kadarsah di gedung Rektorat ITB, Rabu, 18 Mei 2016.

ITB pun telah menyiapkan 18 dosen untuk mengajar di kampusnya di Cirebon. Perhitungannya, setiap prodi akan memiliki enam dosen. Secara bertahap, ITB juga akan merekrut dosen baru untuk menambah ketersediaan dosen di kampus Cirebon.

Bagi masyarakat yang berminat kuliah di kampus ITB di Cirebon, pendaftaran telah dibuka sejak Januari 2016. “Pembelajaran dimulai akhir Agustus 2016. Tahun pertama, proses belajar mengajar tempatnya di Jatinangor, supaya ikut atmosfer yang ada di sana. Tahun depan, saat mahasiswa sudah tingkat dua, pindah ke Cirebon,” ujar ia.

Selain membuka kampus, ITB bekerja sama dengan Korea Institute of Ocean Science and Technology akan membangun pusat penelitian kelautan di Cirebon. Pusat penelitian tersebut akan meneliti potensi laut yang ada di Cirebon dan kemudian seluruh Indonesia.

Sementara itu, terkait rencana pembangunan kampus ITB di Kabupaten Bekasi, Kadarsah mengatakan, masih banyak proses yang harus dijalani. “Masih menunggu konfirmasi bupati Cirebon terkait seperti apa mekanisme pembangunan kampus,” ucapnya.

(pikiran-rakyat.com)

Share this post

Post Comment