Jokowi Minta Hukum Penanganan Kejahatan Seksual pada Anak Dipercepat

Presiden Joko Widodo meminta menteri-menteri dan pimpinan lembaga mempercepat produk hukum penanganan kasus-kasus kejahatan seksual pada anak-anak.

Jokowi kembali melakukan rapat terbatas membahas tentang pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual terhadap anak di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 11 Mei 2016. Jokowi menegaskan lagi, kejahatan seksual kepada anak sebagai kejahatan luar biasa.

“Penanganan di semua kementerian/lembaga juga harus dengan cara-cara yang luar biasa dan juga sikap dan tindakan kita pun juga harus ekstra luar biasa. Kemarin juga sudah saya perintahkan kepada Jaksa Agung, Kapolri untuk menangani kasus-kasus kejahatan luar biasa ini dengan cepat, dengan ketegasan sesuai dengan aturan,” kata Jokowi.

Dia juga meminta agar anak-anak mendapat kepastian perlindungan. Anak-anak menurutnya harus diberikan layanan pengaduan yang gampang diakses. Pelaku kejahatan seksual, kata Jokowi, harus dikejar, ditangkap segera, dan dituntut dengan hukuman yang seberat-beratnya. Sementara korban harus mendapat layanan pendampingan dan rehabilitasi oleh kementerian yang terkait.

“Aksi untuk pencegahan juga harus dilakukan lebih gencar lebih intensif dan masif sehingga semua kementerian harus bergerak terpadu. Libatkan keluarga, libatkan sekolah, libatkan komunitas, libatkan media dalam aksi-aksi pencegahan ini. Saya minta agar payung hukum ini bisa diproses secepat-cepatnya,” kata Jokowi.

(pikiran-rakyat.com)

Share this post

One thought on “Jokowi Minta Hukum Penanganan Kejahatan Seksual pada Anak Dipercepat

Post Comment