Bikin Skuter Listrik, ITS Terima Sudah 20 Ribu Pesanan

Bikin Skuter Listrik, ITS Terima Sudah 20 Ribu Pesanan

urabaya – Skuter matik listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Gesits, membuka pemesanan awal sebelum produksi atau preorder. Preorder itu dibuka sejak Sabtu, 28 Mei 2016 lalu melalui laman resmi www.gesits.co.id.

“Iya, Sabtu kemarin kami sudah luncurkan preorder Gesits untuk produksi tahun 2018 nanti,” kata Ketua Tim Pusat Riset Mobil Listrik Nasional ITS, Muhammad Nur Yuniarto, melalui pesan WhatsApp kepada Tempo, Senin, 30 Mei 2016.

Hingga pukul 17.40 WIB, tercatat ada 20.326 orang yang melakukan pemesanan. Dalam formulirnya, pemesan akan dimintai sejumlah data pribadi untuk memudahkan komunikasi dengan pihak tim ITS dan PT Garansindo Inter Global selaku partner produksi.

Meski begitu, Nur dan timnya tak meminta uang muka kepada para pemesan awal tersebut. “Nanti kalau sudah siap produksi, baru kami tanya apakah jadi memesan atau tidak. Sekaligus kami finalisasi harganya,” kata dia. Gesits diperkirakan dibanderol antara Rp 15 juta-20 juta.

Selain menawarkan pemesanan awal, laman resmi juga memajang berbagai fitur dan kelebihan motor listrik buatan anak negeri pertama tersebut. Di antaranya ialah Day Running Light (DRL) yang didesain memanjang dan melekuk ke samping, fitur pemantau daya dan kecepatan motor berbasis Android di ponsel cerdas, hingga penjelasan bagian-bagian motornya.

Pekan lalu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan turut menyatakan dukungannya terhadap pengembangan Gesits. Ia mengatakan, perangkat aturan yang mengakomodasi kendaraan roda dua berbahan bakar ramah lingkungan buatan anak negeri itu sudah dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan.

“Sepeda motor listrik itu sudah ada regulasinya kok. Nanti kalau mereka minta SUT ya akan kita uji dulu baru kita terbitkan izinnya,” ujar dia usai menyampaikan materi kuliah tamu di ITS, Jumat petang, 27 Mei 2016.

Jonan menjelaskan, setiap kendaraan membutuhkan Vehicle Type Approval atau Sertifikat Uji Tipe (SUT), termasuk Gesits. Untuk mendapatkannya tak membutuhkan waktu yang lama, yakni sekitar tiga bulan.

Gesits merupakan produk inovasi kerja sama antara ITS dan PT Garansindo Inter Global. Skuter matik listrik pertama di Indonesia ini diluncurkan pada 4 Mei lalu, disaksikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir.

Meski baru diproduksi pada 2018 mendatang, tim ITS-Garansindo menuai banyak dukungan termasuk pesanan dari berbagai pihak. Terkini, perusahaan pelat merah PT Telkom Indonesia berencana memesan Gesits sekitar 5.000 unit untuk digunakan sebagai kendaraan operasional para teknisinya.

sumber: tempo.co

Share this post

Post Comment