Bali Jadi Salah Satu Tempat Wisata Paling Bersih di Dunia

Jika ditanya surga nyata di tanah air Indonesia, memang Bali lah jawabannya. Pulau seribu Pura ini tak pernah lepas dari nilai tradisi dan budaya yang kental. Apalagi kekayaan alam yang ada di pulau ini, bahkan dunia pun mengakuinya. Bali adalah primadona pariwisata di Indonesia, jika kalian ingin berwisata lengkap dan terpadu di pulau Bali inilah pusatnya. Selain terkenal dengan pariwisatanya, masyarakat di pulau Bali juga terkenal ramah dan taat beragama.

Mayoritas masyarakat yang tinggal di pulau Bali, memeluk agama Hindu. Tak heran jika kalian bertandang ke Pulau ini memang nuansanya sudah terasa kental nilai spiritualitasnya. Hal ini jugalah yang membuat masyarakat Bali selalu menjujung tinggi nilai yang diwariskan oleh para leluhurnya terdahulu. Seperti terus menjaga keseimbangan kehidupan, salah satunya dengan menjaga alam agar tetap seperti sediakala. Inilah yang membuat pulau Bali ini selalu bersih dan terjaga, bahkan salah satu desa di Pulau ini dinobatkan sebagai desa terbersih ke-3 di Dunia. Apalagi kalau bukan Desa Wisata Penglipuran Bali.

Desa Penglipuran bertempat di daerah Kabupaten Bangli, Bali. Desa ini memang terkenal dengan arsitekturnya yang khas dan tentu saja kebersihannya yang sangat terjaga. Bahkan tak ada kendaraan yang boleh masuk ke desa ini. Hanya kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda yang boleh melintas di desa ini. Sehingga desa ini terbebas dari jahatnya polusi udara. Yang unik dari desa Penglipuran ini adalah memiliki arsitektur yang sama antara satu bangunan dengan bangunan yang lainnya, dan penataan ruangan yang ada di desa ini sangat rapi dan teratur.

DSC_0571

Jika kalian bertandang ke desa ini jangan kaget apabila kalian tidak menemukan sampah sedikit pun disana. Jangan kaget juga melihat tata letak dari desa ini yang sangat teratur, seperti maket yang sering kita lihat di pameran-pameran. Uniknya dengan bangunan yang sama satu sama lain dari hulu hingga ke hilir, desa ini tersusun dengan rapi dengan daerah utamanya berada ditempat lebih tinggi dan semakin rendah kearah hilir. Selain itu bahan yang digunakan untuk membuat bangunan di desa ini pun sama persis satu sama lainnya.

Desa Penglipuran bertempat di Kabupaten Bangli, Bali. Berjarak 45 Km dari kota Denpasar dan terletak di jalan utama Kintamani. Jadi, sangat mudah bagi kalian untuk menemukan desa terbersih ke-3 di dunia ini. Suasana asri begitu terasa di Desa Panglipuran ini, ketika kalian pertama kali menginjakan kaki disana. Desa yang dibangun diatas tanah seluas 112 ha, berbatasan dengan wilayah Kubu di sebelah timur, desa Gunaksa di sebelah Selatan, daerah Tukad di sebelah Barat, dan desa Kayang di sebelah Utara.

Kalian tertarik mengunjungi desa terbersih ke-3 di Dunia ini? Untuk memasuki wilayah ini kalian hanya akan dikenakan biaya Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Dengan begitu kalian bisa menjelajah sepuas hati kalian keseluruh pelosok desa penglipuran ini. Kalian bisa menikmati suasana asri sepuasnya yang hanya akan ada di desa Penglipuran, dan berbaur dengan warga setempat.

Baca Juga: Waduk Cengklik, Objek Wisata Favorit di Boyolali

oleh: surabayanews.co.id

Share this post

One thought on “Bali Jadi Salah Satu Tempat Wisata Paling Bersih di Dunia

Post Comment