Bali Gelar Festival Budaya di Danau Beratan Agustus

Bali Gelar Festival Budaya di Danau Beratan Agustus

Kabupaten Tabanan akan kembali menggelar Ulun Danu Beratan Art Festival yang dilangsungkan pada 5-14 Agustus 2016, di kawasan Danau Beratan, Bedugul.

‎Festival yang dihelat untuk ketiga kalinya ini akan menyajikan berbagai atraksi kebudayaan oleh seniman dari Tabanan dan dari daerah lain. Acara ini rencananya dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

‎Ketua Panitia Ulun Danu Beratan Art Festival Nyoman Wirna Ariwangsa menjelaskan, pembukaan perhelatan akan diawali dengan pawai di sekitar Danau Beratan, kemudian dilanjutkan dengan atraksi seni lainnya.

Adapun untuk pendanaan festival, Wirna mengungkapkan, mendapatkan dari Kementerian Pariwisata senilai Rp 280 juta dan APBD Tabanan Rp 300 juta. Dia menuturkan, sesuai dengan arahan Kementerian, pihaknya juga akan menyelenggarakan beberapa festival lain untuk mendongkrak potensi wisata kabupaten lumbung padi tersebut.

“Oktober nanti kami berencana menyelenggarakan festival kuliner yang menawarkan makanan daerah. Jadi, besar harapan kami dukungan pemerintah untuk acara-acara kami mendatang,” ujar Wirna melalui siaran pers, Senin, 30 Mei 2016.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menilai acara tersebut harus sering dilaksanakan karena akan menjadi ajang promosi kebudayaan untuk menarik wisatawan. Pastika juga berjanji, jika tidak ada halangan berarti, ia akan menghadiri acara tersebut.

“Semakin banyak festival, apalagi ada unsur budayanya, bisa sebagai ajang promosi pariwisata serta mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi,” kata Pastika.

(tempo.co)

Share this post

Post Comment